Cari Artikel

10 Cara Mengatasi Error di Google Play Store Android

Cara Mengatasi Error di Google Play Store - Jika kamu adalah pengguna android maka kamu pasti tahu apa itu Google Play Store. Aplikasi atau game apapun tersedia di Play Store ini. Semua OS Android secara default memiliki Play Store yang sudah terinstall bahkan sebelum kamu membuka ponsel dari kardusnya. Memang beberapa negara seperti Cina yang melarang Google Play Store di install oleh pabrikan ponsel dari negeri tirai bambu. Namun ini hanya berlaku untuk pengguna di Cina kok, jadi jika kamu membelinya resmi di Indonesia maka kamu tetap bisa menikmati Google Play Store secara default.
Cara Mengatasi Error di Google Play Store Android

Baca juga tips lainnya :
Cara Membuat PIN BBM Cantik Gratis
10 Cara Menghemat Data Internet di Android

Google Play Store merupakan cara yang paling aman untuk mengunduh game atau aplikasi kesukaanmu. Meskipun aplikasi ini dibuat langsung oleh Google, namun Play Store tetaplah sebuah aplikasi yang memiliki bug. Inilah yang membuat error di Google Play Store. Ada berbagai error yang sering muncul di Play Store seperti tidak bisa mengunduh app, force stop (aplikasi menutup secara paksa), dan kadang muncul pesan error saat membuka Google Play Store.

Banyak orang yang bingung untuk mengatasi error di Google Play Store. Sebenarnya cukup mudah kok. Ada banyak cara untuk mengatasi Google Play Store yang error. Ki Android memilih 10 cara mengatasi error di Google Play Store yang cukup mudah. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu coba :


Restart Device
Inilah cara yang perlu kamu coba pertama kali untuk mengtasi error di Google Play Store. Seringkali cara ini cukup ampuh kok dalam mengatasi error apapun di device android.

Cek pengaturan tanggal dan waktu
Pasti kamu bingung kenapa harus mengecek tanggal dan waktu di device milikmu. Google menggunakan data tanggal dan waktu untuk aplikasi Google Play Store miliknya. Jika waktu dan tanggal di android kamu tidak sesuai, maka akan terjadi error saat mencoba terhubung ke server Google.

Hapus Cache dan Data Aplikasi Google Play Store
Cache merupakan data sisa yang membebani memori aplikasi. Coba bersihkan dan rasakan perbedaan pada aplikasi milikmu. Kadangkala munculnya error di Google Play Store akibat cache dan data aplikasi yang sudah penuh. Untuk menghapusnya cukup masuk ke Setting > manage app > all apps > cari Google Play Store > Clear cache and clear data. Cukup mudah bukan?

Tutup paksa aplikasi
Ini merupakan cara yang sedikit kasar, hehe. Coba tutup paksa aplikasi Google Play Store. Caranya hampir sama dengan cara menghapus cache di atas. Masuk ke Setting > manage app > all apps > cari Google Play Store > Force Stop. Kadang dengan force stop kita bisa mengatasi error di Google Play Store.

Update Google Play Store
Seringkali pengguna android tidak peduli dengan update pada aplikasi mereka. Update merupakan cara Google untuk menambal bug yang ada di aplikasi tersebut. Cobalah untuk mengupdate Play Store untuk mengatasi error yang terjadi.

Hapus akun google
Akun Google juga bisa mempengaruhi Google Play Store milikmu. Semua aplikasi google membutuhkan akun sebagai user yang sah. Cobalah menghapus akun google milikmu dan masuk lagi dengan akun tersebut. Apakah kamu belum bisa? Cukup masuk ke Setting > Account > Pilih akun google yang kamu gunakan > Remove Account > konfirmasi saat muncul pop up. Kadang cara ini cukup ampuh dalam mengatasi error di Google Play Store.

Cek pengaturan APN
Penggunaan Proxy dapat menyebabkan error saat mencoba terhubung ke server Google Play Store. Cek pengaturan APN dan pastikan kosongkan setting proxy. Jika sudah kosong, set devicemu ke airplane mode lalu nonaktifkan lagi agar jaringan kamu terhubung kembali.

Berikan ruang kosong di memori internal
Memori internal secara default digunakan untuk menyimpan aplikasi yang terinstall. Jika memori internal kamu penuh maka Google Play Store akan mengalami error karena tidak bisa menyimpan data dari hasil unduhan. Setidaknya kosongkan 10 % dari total memori internal agar Google Play Store dapat berjalan dengan normal.

Update Googel Play Service
Google Play Service merupakan kunci untuk semua aplikasi di device android. Memang ukurannya cukup besar, namun pastikan Google Play Service sudah terupdate. Sebenarnya Google Play Service dapat melakukan update secara otomatis. Namun kadangkala tidak dapat update karena berbagai hal seperti tidak memiliki paket data internet.

Lakukan Factory Reset
Inilah cara terakhir jika kamu sudah frustasi bagaimana mengatasi error di Google Play Store. Jika semua cara di atas sudah kamu lakukan dan tidak ada yang berhasil, maka baru pertimbangkan untuk factory reset device android milikmu. Dengan melakukan factory reset, maka device android akan seperti baru seperti saat pertama kali kamu buka dari kardus. Factory reset boleh kamu lakukan jika device kamu belum diroot. Jika android milikmu sudah diroot , saran kami flashing firmware ulang saja dengan ROM yang terbaru.

Itulah 10 cara mengtasi error di Google Play Store. Cukup banyak juga ya ternyata untuk mengatasi error di android. Pilihlah cara yang paling mudah dan tentunya paling efektif dalam mengatasi google play yang error. Demikian artikel kami tentang cara mengatasi error di Google Play Store. Semoga dapat membantu kalian yang sedang bingung.

0 Response to "10 Cara Mengatasi Error di Google Play Store Android"

Post a Comment