Cari Artikel

Cara Memperbaiki Memory Card Yang Rusak Tidak Terbaca

Cara Memperbaiki Memory Card Yang Rusak - Memory Card SD merupakan media yang nyaman untuk penyimpanan data portabel dan memindahkan data dari satu komputer ke komputer lain. Memory Card juga biasa digunakan dalam kamera digital untuk menyimpan gambar dan membuat foto hasil jepretan dengan mudah dipindah ke komputer dan printer. Kadang-kadang Kamu mungkin mengalami kerusakan atau error pada memory card. Hal ini berdampak Kamu tidak dapat mengakses data pada memory card tersebut. Jika kamu memiliki data penting di memory card milikmu, maka hal ini merupakan hal yang berbahaya. Tenang saja, kamu sekarang ada cara memperbaiki memory card error dengan mudah.

Cara Memperbaiki Memory Card Yang Rusak

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial cara memperbaiki memory card yang rusak. Perhatikan bahwa tidak ada jaminan bahwa Kamu dapat mengambil semua data dari memory card milikmu. Jika memory card tersebut rusak secara fisik atau elektronik, maka tidak mungkin diperbaiki. Tapi cara ini bisa menyelamatkan memory card yang error atau tidak bisa diformat.

Cara memperbaiki memory card yang error

  1. Pertama tentukan jenis kartu SD yang Kamu miliki. Jika memory card milikmu memiliki ukuran 2GB atau kurang, maka itu adalah kartu SD standar. Jika itu adalah 4GB atau lebih besar, maka itu adalah kapasitas tinggi atau kartu SDHC. (Ada beberapa ukuran 4GB yang merupakan kartu SD standar tetapi kebanyakan SDHC). Kamu membutuhkan SDHC reader untuk membaca kartu berkapasitas tinggi sejak format alokasi memori berbeda-beda. Jika data milikmu ada di  kartu SDHC, data tersebut mungkin utuh tetapi Kamu akan memerlukan perangkat SDHC untuk membacanya. Beberapa perangkat, seperti readers dan kamera, mungkin membutuhkan download perangkat lunak yang tersedia untuk meng-upgrade perangkat agar bisa membaca kartu SDHC. Masuk ke situs web produsen perangkat untuk menentukan apakah ada upgrade software yang tersedia.
  2. Masukkan memory card Kamu ke pembaca kartu. Jika tidak ada huruf drive yang muncul, maka komputer tidak membacanya. Dalam beberapa kasus, memory card dapat diberi huruf drive tetapi ketika Kamu klik akan muncul pesan "Harap masukkan disk ke dalam drive E:". Hal ini menunjukkan bahwa komputer tidak membaca memory card yang kamu masukan.
  3. Kadang-kadang perangkat tertentu mungkin tidak membaca SD card sementara perangkat lain bisa membacanya. Jika Kamu tidak memiliki perangkat lain, minta bantuan seorang teman untuk mencoba membaca memory card milikmu.
  4. Kamu mungkin mengalami komputer Kamu dapat mengakses kartu, tapi tidak dapat membaca file di dalamnya. Coba buka beberapa file yang berbeda pada kartu. Jika beberapa dari mereka dapat dibaca dan beberapa tidak, maka satu atau lebih file tersebut mungkin rusak. Ada banyak program recovery file yang tersedia; beberapa dari program tersebut bisa kamu dapatkan secara gratis. Jika bagian penting tdari file tersebut yang rusak maka tidak mungkin untuk dipulihkan. Kadang-kadang dengan memindai kartu SD dapat memperbaiki error yang muncul. Scanning memory card biasanya tidak akan memperbaiki file yang error tapi mungkin patut dicoba. Untuk melakukan hal ini, temukan drive memory card di "My Computer" atau Windows Explorer dan klik-kanan di atasnya. Dari menu pop-up, klik Properties. Sebuah jendela baru menunjukkan grafik pie yang menampilkan ruang yang digunakan dan yang tersedia di disk. Pilih "Tools", kemudian klik pada tombol "Error Checking". Klik kotak centang untuk memperbaiki kesalahan sistem file dan klik tombol "Start". Prosesnya hanya memakan waktu beberapa detik.
  5. Dalam beberapa kasus, tidak ada file dapat dibaca dari memory card. Terkadang direktori akan daftar nama file tetapi file tidak dapat diakses. Dalam kasus lain, nama file adalah karakter sampah bahkan tidak muncul sama sekali. Klik kanan pada huruf drive dan pilih "Properties." Pie chart akan menunjukkan ruang yang digunakan pada kartu. Jika hal itu menunjukkan semua atau hampir semua ruang bebas, maka file tersebut telah dihapus atau direktori telah terhapus. Dalam hal ini, program recovery data dapat membantu memperbaiki memory card yang rusak.
  6. Jika kartu Kamu dapat membaca file dengan normal tetapi Kamu tidak dapat menyimpan file, mungkin memory card kamu dalam mode write protected. Di tepi kartu ada switch kecil yang biasanya berlabel "Lock." Jika switch ini diposisikan on maka memory card kamu dilindungi sehingga kamu tidak dapat menyimpan file ke dalamnya. Untuk menyimpan atau memodifikasi file pada kartu, switch harus dalam posisi terbuka.
  7. Jika Kamu masih tidak dapat membaca atau menulis ke kartu, file Kamu mungkin hilang. Ada beberapa alat diagnostik disk yang tersedia, tetapi beberapa dari program tersebut tidak akan bekerja pada kartu memori. Jika Kamu sudah menyerah untuk memperbaiki file yang rusak, Kamu mungkin masih menggunakan kartu dengan memformat ulang memory card. Untuk melakukannya, klik kanan pada huruf drive dan pilih format. Hal ini akan menghapus semua file yang ada di kartu jadi pastikan Kamu telah menyalin file penting. Ketika memory card sudah diformat ulang, maka struktur direktori diciptakan ulang sehingga Kamu sekarang memiliki akses penuh ke kartu SD. Jika kartu SD masih error atau tidak bisa digunakan, mungkin inilah saatnya kamu membuangnya dan membeli memory card yang baru.
Baca juga :
Cara Download Video dan Foto Intagram di Android
Cara Mudah Download Video Facebook di Android
Cara Membuat Email di Android Dengan Mudah

Sebenarnya ada banyak cara memperbaiki memory card yang rusak. Kamu bisa mencoba banyak cara karena biasanya dalam kasus tertentu membutuhkan improvisasi dalam penanganannya. Jika kamu ada pertanyaan seputar topic ini, silahkan tulis di kolom komentar. Demikian artikel saya mengenai cara memperbaiki memory card yang tidak bisa diformat. Baca tips dan trik lainnya hanya di Ki Android. Selamat mencoba!




0 Response to "Cara Memperbaiki Memory Card Yang Rusak Tidak Terbaca"

Post a Comment