Cari Artikel

10 Cara Menghemat Data Internet di Android

Cara Menghemat Data Internet Di Android - Perkembangan teknologi mobile saat ini sangat cepat. Perangkat mobile smartphone berbasis Android telah menggunakan koneksi internet sebagai salah satu fungsi utama dari perangkat mobile, karena jika tidak ada koneksi internet perangkat mobile akan terasa kosong karena sebagian besar aplikasi berbasis Android menggunakan koneksi internet untuk menjalankannya .

Cara Menghemat Data Internet di Android

Hampir semua aplikasi yang berjalan dengan koneksi internet sangat mempengaruhi membengkaknya penggunaan kuota internet kita. Hal ini bukan masalah jika kamu memiliki dana lebih atau menggunakan Wifi yang memiliki kuota data internet unlimited. maka penyebab berikut adalah tips dan trik untuk menghemat kuota internet. Namun jika kamu termasuk fakir data internet seperti saya, maka kamu harus menghemat data internet di android milikmu. Ada banyak cara mudah yang bisa kamu lakukan. Kali ini saya akan berbagi tips cara hemat data internet android. Dengan melakukan hal ini kamu bisa menekan pengeluaran karena membeli data internet. Langsung saja berikut adalah 10 tips menghemat data internet di android :

Matikan koneksi internet saat tidak digunakan
Cara yang paling praktis adalah dengan mematikan paket data internet melalui tombol widget switch koneksi data internet. Ada beberapa aplikasi yang dapat digunakan atau kadang-kadang jadi widget default pada launcher tertentu. Untuk menghemat penggunaan kuota, Kamu harus mematikan koneksi internet jika tidak digunakan. Dengan mematikan internet selama jam tidur, maka Kamu akan menghemat banyak kuota data internet.

Matikan fitur auto-sync yang tidak perlu
Selain cara hemat data internet di atas, kamu juga harus menonaktifkan auto-sync yang tidak diperlukan. Ada banyak pilihan untuk auto-sync data dan Google sendiri biasanya memiliki berbagai layanan. Sebaiknya pilih yang penting, seperti Kontak, Gmail, dan Kalender

Matikan fitur auto-update Google Play Store
Matikan auto-update Google Play Store. Setiap kali Kamu men-download aplikasi, kamu akan diberi tawaran untuk mendapatkan auto-update. Secara default pilihan auto-update diaktifkan. Kamu harus menonaktifkan fitur ini di menu setting aplikasi Play Store. Dengan melakukan hal ini maka Google Play Store hanya melakukan auto-update ketika menggunakan koneksi WiFi saja.

Bijaksana dalam membuka foto dan video di web dengan ukuran besar
Melihat gambar dan konten video baik melalui browser atau aplikasi jejaring sosial seperti Facebook dan lnstagram memerlukan kuota paket data yang cukup besar, cobalah untuk tidak terlalu sering membuka konten foto atau gambar dan video. Jika Kamu ingin melihat atau menonton video streaming dari YouTube, misalnya, lebih baik menggunakan WiFi sehingga kuota data internetmu tidak cepat habis.

Gunakan Aplikasi Penghemat Data Internet
Ada banyak aplikasi keren untuk menyimpan kuota paket data, salah satu contohnya adalah Juice Defender yang memiliki fitur mematikan sambungan data internet secara otomatis ketika layar terkunci. Ada juga DroidWall atau 3gwatchdog sebagai alternatif aplikasi lainnya yang tidak kalah keren.

Setting batas penggunaan paket data
Android 4.0 ke atas dilengkapi dengan fitur untuk memantau paket data dan kamu bisa membatasi penggunaannya. Masuk ke menu Settings, lalu pilih Data Usage. Setting pengingat sesuai dengan penawaran paket kuota, misalnya Kamu memiliki kuota 1 GB, kemudian atur pengingat untuk 500 MB tingkat pertama dan kemudian setelah mencapai akan ada peringatan lagi menjadi 800 MB. Dengan ini kamu bisa menghemat data internet android.

Bagi Kamu yang tidak menggunakan Android versi 4.0 dan di atas, silakan gunakan aplikasi tambahan seperti Traffic Monitor dan Data Lock.

Jangan  download file besar melalui ponsel
File besar seperti film, aplikasi, game mengharuskan paket data yang besar untuk men-downloadnya. Akibatnya, kuota internetmu akan cepat habis  dan juga akan menguras baterai ponsel. Untuk men-download file besar (lebih dari 20 MB) alangkah baiknya jika Kamu menggunakan WiFi atau mendownloadnya di komputer untuk kemudian kamu transfer ke ponsel.

Gunakan Browser dengan tingkat kompresi data yang baik
Cara menghemat data internet selanjutnya adalah penggunaan browser yang tepat. Saat browsing, gunakan browser yang dapat menghemat data internet seperti Opera Mini. Hindari melakukan kegiatan seperti streaming video. Alternatif lain untuk menonton video favorit Kamu, download video pertama di 3GP atau format MP4 yang dapat dilihat setiap saat.

Buang widget cuaca pada layar homescreen
Hampir semua perangkat Android memiliki widget cuaca pada layar awal. Widget akan memerlukan akses data untuk terhubung ke internet sehingga bisa memberikan informasi terbaru tentang cuaca. Meskipun tidak terlalu besar, tapi hal ini perlu dilakukan untuk meminimalkan penggunaan internet Kamu.


Sangat mudah bukan cara hemat data internet di android? Jika kamu memiliki tips menghemat data internet lainnya, silahkan berbagi dengan kita melalui kolom komentar. Demikian artikel saya tentang cara menghemat data internet di android. Semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua. Jangan lewatkan tips android lainnya hanya di Ki Android. Selamat mencoba!

0 Response to "10 Cara Menghemat Data Internet di Android"

Post a Comment