Cari Artikel

Cara Transfer Data Dari iPhone ke Android

Cara Memindah Data Dari iPhoneke Android – iPhone memang memiliki gengsi yang lebih besar daripada android. Namun saat ini android adalah rasa Mobile OS di dunia. Android menawarkan fleksibilitas dan kemudahan dalam penggunaan. Bagi pengguna iOS, hal ini tidak mereka dapatkan. Bagi kamu yang baru pindah dari iPhone ke android, saya ucapkan selamat karena telah membeli perangkat yang memberikan kebebasan berekspresi. Jika beralih dari iPhone ke android, masalah yang utama adalah bagaimana cara transfer data dari iPhone ke android.



Jika aplikasi yang Kamu gunakan adalah berbasis Cloud - seperti Gmail untuk email, Spotify untuk streaming musik dan Facebook untuk melihat gambar - Kamu tidak perlu melakukan apapun: itu hanya masalah menginstal aplikasi, masukan username dan password sehingga kamu bisa mengambil data apapun. Namun bagaiamana dengan data lainnya semisal kontak dan kalender? Tenang saja, Ki Android akan memberikan tutorial cara transfer data dari iPHone ke Android. Berikut adalah caranya :

Kontak

Jika Kamu belum memiliki akun google, segeralah mendaftar sekarang. Kamu akan membutuhkannya untuk melakukan cukup banyak hal di Android. Setelah Kamu selesai melakukannya, backup iPhone Kamu dan kemudian login ke iCloud.com. Klik Kontak, pilih yang Kamu inginkan untuk mentransfer dan kemudian klik pada ikon roda gigi kecil di kiri bawah layar. Kamu akan melihat opsi untuk Ekspor vCard. Klik tombol tersebut akan mengekspor kontak yang dipilih dalam format vCard.


Sekarang, log in ke Gmail dan klik pada Gmail> Kontak. Kamu akan melihat opsi untuk Impor Kontak di sidebar kiri. Klik, pilih vCard file yang baru saja dibuat dan biarkan Google melakukan sisanya.

Kalender

Ini sedikit lebih rumit, tapi masih mudah. Kembali ke iCloud dan kali ini, buka aplikasi Kalender. Kamu akan melihat daftar kalender Kamu di sidebar kiri, dan ikon nirkabel kecil di samping masing-masing daftar. Klik pada ikon itu untuk membuka menu sharing kalender.

Apa yang ingin kita lakukan di sini adalah untuk membuat kalender dapat diimpor ke Google Calendar. Untuk melakukannya, klik Public Kalender dan salin seluruh link yang Kamu lihat di layar. Buka jendela browser baru atau tab dan paste link tersebut, tapi jangan tekan Enter dulu: Kamu perlu mengubah sedikit kata "webcal" menjadi "http". Lakukan itu dan tekan Enter, dan komputer Kamu sekarang harus men-download file kalender .ics dengan nama file yang sangat panjang dan tidak bisa dimengerti. Ulangi proses ini untuk setiap kalender yang ingin Kamu transfer.

Sekarang, kita harus login ke Google Calendar dan klik pada Othe Calendar di sidebar kiri. Klik panah drop-down dan pilih Impor Kalender, dan kemudian pilih .ics file yang baru saja Kamu download. Dengan mengklik Impor maka akan menambahkan aktivitas ke Google. Kamu harus mengulangi proses untuk setiap kalender.

Dokumen di iCloud
Jika Kamu telah menyimpan file di iCloud, Kamu bisa mendapatkan mereka dengan log in ke iCloud.com, klik pada iCloud Drive dan kemudian memilih folder aplikasi yang sesuai - tapi ingat bahwa beberapa jenis file, seperti dokumen Pages, tidak akan bekerja di program non-Apple. Jika Kamu punya file dalam format proprietary seperti Pages, konversikan dulu ke teks atau file Word di app Pages sebelum mentransfernya.

Bookmarks

Sekali lagi, cara termudah untuk melakukannya adalah melalui iCloud. Di iPhone Kamu, masuk ke Settings> iCloud dan memastikan Safari diaktifkan; sekarang, pergi ke PC atau Mac dan buka iCloud untuk Windows (PC) atau Sistem Preferences> iCloud (Mac) dan lakukan hal yang sama. Jika Kamu belum mendownload iCloud untuk Windows Kamu bisa mendapatkannya di website milik Apple. Apa yang kami lakukan di sini adalah memastikan bahwa penanda iPhone kita sedang disinkronkan dengan PC atau Mac.

Pada Windows, langkah selanjutnya adalah klik Bookmarks> Options lalu pilih Firefox atau Chrome. Klik Apply dan kemudian Gabung, dan Kamu akan diberitahu untuk men-download ekstensi iCloud Bookmarks untuk browser yang Kamu pilih. Extention ini akan mensinkronkan bookmark Kamu dari Safari ke Chrome atau Firefox.

Jika Kamu memilih Chrome langkah selanjutnya sangat mudah. Pada PC, buka Chrome dan masuk ke Akun Google Kamu, dan bookmark akan diselaraskan secara otomatis. Pada Mac, buka Chrome, klik menu Chrome di sisi kanan jendela dan pilih Bookmarks> Impor Bookmark dan Setelan dan pilih Safari sebagai sumber.


Untuk Firefox sedikit rumit untuk PC dan Mac. Jika Kamu membuka Mac, langkah selanjutnya adalah membuka Firefox, pilih Bookmarks> Tampilkan Semua Bookmark dan kemudian klik pada icon bintang pada toolbar. Ini akan membuka impor dan pilihan cadangan. Pilih Impor Data Dari Browser lain dan pilih Safari.

Pada kedua PC dan Mac, langkah selanjutnya adalah klik menu Firefox Tools dan pilih Set Up Sync. Hal ini memungkinkan Kamu untuk login ke Akun Firefox Kamu (jika Kamu memilikinya) atau buat Akun Firefox (jika Kamu belum). Setelah Kamu memasukkan rincian yang kemudian dapat membuka Firefox pada ponsel Kamu dan pilih Options> Sync> Pair Device untuk mendapatkan bookmark ke Firefox pada ponsel Kamu.

Foto dan Video

Cara termudah untuk mentransfer foto adalah dengan drag and drop mereka (jika Kamu memiliki PC Windows). Hubungkan iPhone melalui USB, buka My Computer dan cari ikon iPhone. Buka dan cari folder DCIM. Di situlah gambar Kamu tersimpan. Kamu hanya perlu memilih dan menyeret mereka ke folder di PC Kamu. Kamu kemudian dapat menghubungkan ponsel Android Kamu dan copy file dari PC ke ponsel Kamu. Jika Kamu ingin lebih cepat, Kamu dapat menghubungkan iPhone dan Android pada saat yang sama dan tarik foto dari satu ke yang lain, tapi kami akan merekomendasikan mentransfer ke PC pertama sehingga Kamu punya back up gambar Kamu.

Hal ini sedikit berbeda di Mac, meskipun prinsipnya adalah sama. Kamu harus memulai Image Capture untuk mengimpor foto Kamu. Setelah Kamu melakukan itu Kamu dapat menghubungkan perangkat Android Kamu dan tarik dari folder foto Kamu (atau di mana pun Kamu menempatkan hasil impor foto).

Musik

Yang ini sedikit lebih rumit. Kamu harus menginstall iTunes dan Google Music Manager terlebih dahulu. Pertama-tama, di iTunes pastikan semua musik Kamu ada pada komputer Kamu: jika ada ikon kecil awan dengan panah ke bawah di atasnya, artinya belum di-download. Pastikan musik yang dibeli juga ada (mungkin tersembunyi di Preferences> Store > Show iTunes in The Cloud Purchase.

Setelah Kamu yakin Kamu punya segalanya, buka Google Music Manager. Di halaman konfigurasi, pilih Upload Lagu ke Google Play. Tentukan "iTunes" sebagai sumber dan biarkan Google Music Manager melakukan hal tersebut.


Tidak sesulit yang dibayangkan bukan? Meskipun membutuhkan waktu lumayan, namun kamu akan lega jika semua data di iPhone telah pindah ke Android. Jika kamu memiliki kesulitan silahkan bertanya di kolom komentar. Demikian artikel Ki Android tentang cara transfer data dari iPhone ke Android. Selamat mencoba !

0 Response to "Cara Transfer Data Dari iPhone ke Android"

Post a Comment