Cari Artikel

Cara Melakukan Factory Reset Samsung Galaxy S5 Untuk Performa Yang Lebih Baik

Cara Melakukan Factory ResetSamsung Galaxy S5 - Meskipun menjadi salah satu Android terbaik saat ini, Samsung Galaxy S5 tetap butuh beberapa perawatan tambahan. Melakukan reset perangkat Kamu secara teratur dapat membantu menjaga smartphone Kamu bebas  bug dan berjalan lancar selama bertahun-tahun yang akan datang. Pada kesempatan kali ini Ki Android akan memberikan tutorial cara melakukan factory reset Samsung Galaxy S5 dengan mudah.

Mengapa perlu mereset ponsel baru?
Pertanyaan yang bagus. Factory reset mungkin masuk akal untuk perangkat yang lebih tua, namun factory reset mungkin tidak tampak diperlukan untuk merek ponsel baru. Tetapi kebenaran dari masalah ini adalah bahwa Kamu dapat mengumpulkan segala macam sampah dalam waktu yang sangat singkat, baik dari aplikasi, download, update firmware atau sejumlah sumber lain. Reset ponsel adalah kebiasaan yang sangat baik setiap kali Kamu memperbarui versi Android Kamu untuk menghindari bug biasa dan masalah yang dapat menguras baterai.
androidpit.com

Apa yang harus dilakukan pertama kali?
Hal yang paling penting untuk dilakukan sebelum melakukan wipe data adalah backup, backup, backup. Bahkan untuk sesuatu yang tampaknya sederhana seperti menginstal melalui update firmware secara OTA dapat menyebabkan masalah yang menyebabkan kehilangan data. Saya hanya perlu untuk mengingatkan Kamu tentang kegagalan pembaruan Android 4.3 beberapa waktu lalu yang membuat bingung jutaan pemiliki Galaxy S3 dan Galaxy S4 yang membuat telepon tidak dapat digunakan selama berbulan-bulan. Kamu memiliki opsi backup seperti :
  • Google Backup - dari dalam menu pengaturan Kamu dapat menuju ke bagian Backup dan Restore di mana Kamu dapat mengatur opsi cadangan Kamu untuk password Wi-Fi, data aplikasi, dan hal-hal lain ke server Google. Ini adalah pilihan yang bagus dan Kamu juga dapat mensetting untuk otomatis mengembalikan backup data kamu.
  • Aplikasi Backup - Kamu juga dapat mengunduh sebuah aplikasi dari Play Store yang akan melakukan backup untuk Kamu. Beberapa aplikasi ini, seperti Titanium Backup, membutuhkan rooting. Apliaksi lainnya, seperti Carbon Backup, dapat melakukan backup penuh tanpa root dengan menggunakan desktop Kamu.
  • Cara Kuno – Kamu dapat mengirim email sendiri hal-hal penting dari ponsel Kamu, mentransfernya ke komputer Kamu dengan kabel USB, meng-copy mereka ke kartu microSD dan menghapusnya sebelum melanjutkan proses factory reset. Tapi cara ini memang membutuhkan waktu yang lebih lama dari 2 metode backup di atas.


Cara factory reset Samsung Galaxy S5
Setelah Kamu membackup semua aplikasi penting, data, dan sebagainya (pastikan Kamu melakukannya backup), maka Kamu siap untuk melanjutkan. Saya akan mengingatkan Kamu lagi: proses ini akan menghapus semua data dari perangkat Kamu dan membuat ponsel kamu fresh seperti saat kamu membukanya pertama kali. Ada 3 cara factory reset Samsung Galaxy S5 yang dapat kamu pilih :

Cara Pertama
Pada cara ini kita mengguanakan keypad. Dari dialer Kamu cukup memasukkan kode berikut untuk melakukan reset pabrik: *2767*3855#. Namun cara ini tidak dapat bekerja pada setiap perangkat Samsung.
androidpit.com

Cara Kedua
Pada metode ini kita menggunakan menu setting. Cara termudah adalah dengan kembali ke bagian Backup dan Restore dari menu pengaturan dan lihat di bagian bawah untuk melihat pilihan Factory Data Reset. Tekan ini dan lanjutkan melalui peringatan kemudian duduk kembali dan nikmati telepon yang bersih setelah reboot. Sangat simpel dan mudah bukan?
androidpit.com


Cara Ketiga
Metode ini menggunakan tombol di Galaxy S5. Mungkin telepon Kamu terjebak dalam kondisi bootloop (di mana Kamu tidak bisa melewati logo Samsung ketika memulai) atau layar tidak akan bangun atau Kamu telah merusak layar Kamu. Kamu masih dapat melakukan reset dengan menggunakan tombol fisik.
  • Matikan Samsung Galaxy S5
  • Tekan dan tahan tombol Power, tombol Volume Up dan tombol Home. Kamu akan melihat pemberitahuan biru di kiri atas layar dan kemudian gambar animasi Android sampai Kamu dibawa ke menu recovery.
androidpit.com
  • Menghapus cache sangat perlu ketika melakukan factory reset (terutama ketika melakukan update) untuk menghindari masalah dengan data aplikasi pada versi Android baru. Gunakan tombol volume bawah untuk menggeser ke pilihan ''Wipe Cache Partition'' dan tekan tombol Power untuk memilih. Kamu akan melihat pemberitahuan di bagian kiri bawah dengan warna kuning yang mengatakan proses telah selesai.

androidpit.com

  • Gunakan tombol volume atas untuk bergulir ke '' Wipe data / Factory Reset '' dan tekan tombol power untuk konfirmasi. Gulir ke bawah pada layar berikutnya untuk '' Yes'' dan perangkat kamu akan direset. Kamu akan mendapatkan pemberitahuan selesai sama dengan warna kuning di bagian bawah dan Kamu kemudian dapat memilih pilihan ''Reboot System Now''. Selamat kamu sudah berhasil melakukan factory reset Samsung Galaxy S5 kamu.


Tidak ada salahnya kita melakukan factory reset secara berkala pada perangkat android. Hal ini terbukti ampuh untuk meningkat kinerja android yang menurun seiring berjalannya waktu. Kamu juga bisa membaca tentang cara factory reset Nexus 6. Demikian tutorial singkat dari saya mengenai cara factory reset Samsung Galaxy S5.

0 Response to "Cara Melakukan Factory Reset Samsung Galaxy S5 Untuk Performa Yang Lebih Baik"

Post a Comment