Cari Artikel

Cara Merekam Layar Dengan Mudah di Android Lollipop

Cara Merekam Layar – Pasti banyak diantar kamu yang bingung apa yang dimaksud dengan merekam layar di android. Apakah kamu pernah melihat video tutorial yang menampilan layar android yang bergerak sendiri. Itulah yang dinamakan merekam layar. Hal ini juga sering kalian jumpai pada video tutorial di PC. Rekaman Layar awalnya diperkenalkan pada Android 4.4 KitKat tapi fungsi ini memerlukan perangkat yang sudah diroot dan butuh aplikasi Layar Recording diinstal atau perangkat non-root dengan beberapa perintah Android Debug Bridge (ADB).

Untungnya, pada Android 5.0 Lollipop, proses ini jauh lebih mudah, karena versi OS baru dirilis dengan API baru yang memungkinkan pengembang untuk membangun aplikasi yang dapat merekam layar tanpa perlu akses root atau perintah ADB. Saat ini, ada beberapa aplikasi yang telah mengambil keuntungan dari API baru dan kita dapat merekam layar pada smartphone lollipop atau tablet dengan mudah.

Jika Kamu sedang mencari aplikasi untuk merekam layar besar maka Kamu harus mencoba AZ Screen Recorder. Ini salah satu aplikasi terbaik untuk merekam video layar Android Kamu. Bagian terbaik dari aplikasi ini adalah bahwa ia tidak memiliki batas waktu perekaman dan tidak ada watermark atau logo pencipta yang akan ditampilkan pada video Kamu. Selain itu, juga memungkinkan Kamu untuk berhenti sejenak dan melanjutkan saat merekam.

Cara Merekam Layar Dengan Mudah di Android Lollipop
© androidtipsz.com

Setelah Kamu menginstal dan membuka aplikasi, toolbar kecil akan muncul di tengah-tengah layar Kamu. Toolbar ini berisi empat kontrol yang berbeda seperti Recording, Settings, File Manager dan tombol Keluar. Ketika Kamu mulai rekaman untuk pertama kalinya, beberapa petunjuk akan menjelaskan bagaimana fitur perekaman akan bekerja. Kamu akan selalu dapat mengakses panel rekaman di bar pemberitahuan Kamu. Pada panel rekaman Kamu dapat menghentikan sebentar, berhenti, dan mulai rekaman baru.

Dalam menu pengaturan, Kamu dapat mengaktifkan fitur sentuhan muncul di layar, mengaktifkan atau menonaktifkan rekaman audio, menetapkan batas waktu untuk merekam, serta mengubah resolusi dan bitrate dari video yang diambil. Cukup banyak memang fitur yang bisa kamu kustomisasi di pengaturan.

Format output dari hasil rekaman adalah file MP4, dan Kamu dapat memilih folder default di mana file tersebut akan disimpan, meskipun secara otomatis akan muncul dalam aplikasi galeri Kamu. Aplikasi ini gratis untuk digunakan, tetapi seperti yang disebutkan, Kamu harus memiliki Android 5.0 Lollipop pada perangkat kamu. Jika Kamu memiliki versi sebelumnya, cara terbaik untuk merekam layar adalah dengan meroot perangkat Android Kamu dan menginstal aplikasi perekam layar yang disebut Shou.TV dari Play Store Google.

Ternyata sangat mudah sekali membuat rekaman layar di android lollipop. Memang hanya pengguna  Android Lollipop yang dapat merasakan aplikasi ini. Namun tidak ada salahnya kamu tahu bagaimana caranya. Demikian artikel singkat saya mengenai cara merekam layar di Android Lollipop.


0 Response to "Cara Merekam Layar Dengan Mudah di Android Lollipop"

Post a Comment