Cari Artikel

Cara Mengosongkan Memori Internal Android Yang Penuh

Cara Mengosongkan MemoriInternal Android – Salah satu kelemahan android adalah penggunaan memori internal untuk tempat instalasi aplikasi. Hal ini yang menyebabkan memori internal android cepat penuh. Jika sudah penuh maka kita tidak bisa menginstal aplikasi lagi. Memang saat ini ada metode Apps2SD yang memungkinkan kamu untuk menginstall aplikasi di kartu SD. Namun tidak semua aplikasi bisa dipindahkan ke kartu SD. Data pengguna pribadi tidak pernah disimpan pada penyimpanan eksternal, aplikasi yang diinstal ke kartu SD tetap akan mengambil ruang pada memori internal. Dan beberapa perangkat lunak, seperti widget, live wallpaper dan aplikasi sistem mungkin tidak berfungsi dengan baik jika mereka dipasang di kartu SD. Jika kamu bingung bagaimana cara mengosongkan memori internal android kamu, silahkan melanjutkan tutorial dari saya. Tips yang akan saya berikan mudah untuk kamu lakukan. Berikut adalah beberapa cara mengosongkan memori internal android :
Cara Mengosongkan Memori Internal Android
© aingindra


Bersihkan Cache Aplikasi
Dengan membersihkan cache yang digunakan beberapa aplikasi, Kamu dapat membebaskan beberapa MB memori internal di android kamu. Cukup lumayan bukan? Berikut caranya :
  • Buka Pengaturan> Aplikasi> Kelola Aplikasi pada Android Kamu.
  • Tekan tombol Menu dan pilih Urutkan berdasarkan pilihan ukuran.
  • Untuk memeriksa apakah aplikasi memiliki cache, pilih dalam daftar dan akan dinyatakan pada layar yang muncul.
  • Untuk menghapus cache, cukup tekan tombol “clear cache”.
  • Beberapa aplikasi yang mungkin memiliki cache besar yaitu Maps, Play Store, Internet dan Galeri (disebut Foto pada beberapa perangkat).
  • Dari “Application Info” Kamu juga dapat menghapus data sebuah aplikasi. Hal ini tidak hanya akan menghapus cache, tetapi juga semua data aplikasi yang telah dihasilkan. Pada dasarnya, Kamu "hard resetting" aplikasi. Sebagai contoh, saya membebaskan 2MB dengan menghapus data untuk Storage Media. Ini memaksa app Galeri saya untuk menemukan semua gambar saya lagi, tapi data yang terkait untuk Storage Media masih jauh lebih kecil dalam ukuran dari sebelum saya bersihkan.
  • Apakah Kamu menggunakan pengganti homescreen seperti LauncherPro atau ADW Launcher dan tidak punya niat untuk kembali ke Sense atau Launcher default? Kamu bisa membebaskan banyak ruang dengan menghapus data untuk HTC Sense atau Home.
  • Sebuah aplikasi yang secara otomatis akan menampilkan semua aplikasi yang memiliki cache adalah Quick App Clean Cache (Rp 76.000). Jika Kamu memiliki akses root, ada juga aplikasi di Play Store seperti CacheCleaner, CacheMate dan MoveCache yang mengotomatisasi ini.
  • Hapus Aplikasi Yang Jarang atau Tidak Pernah Kamu Gunakan
  • Kebanyakan orang tidak tahu dengan tips ini. Banyak orang suka menginstal banyak aplikasi menarik yang bahkan jarang digunakan. Mulai sekarang atur kembali aplikasi di andorid kamu. Pilih yang kamu sering pakai dan buang yang memang tidak berguna untuk kamu.

Setting Untuk Install Aplikasi ke SD Card
Android Froyo ke atas memiliki fitur yang keren ini. Kamu bisa mensetting agar aplikasi yang kamu install dipindah ke kartu SD. Dengan ini maka memori internal kamu tetap luas. Masuk saja ke menu setting. Pilih menu penyimpanan dan centang untuk pilihan default write disk ke kartu SD kamu. Mudah bukan?

Pindahkan Data Ke Memori Eksternal
Jika kamu memiliki data di memori internal seperti hasil download, pindahkan saja ke memori eksternal. Pindahkan juga widget ke memori eksternal. Data apapun yang bisa kamu pindahkan, jangan biarkan di memori internal. Ada beberapa aplikasi yang dapat mempermudah hal ini. Rekomendasi saya gunakan saja aplikasi  Apps 2 SD dan SDMove. Sangat simpel dan tentunya kamu tidak perlu repot lagi.

Bagaimana tips dari saya? Tidak sulit bukan. Ada banyak cara untuk mengakali memori internal android yang rata-rata memang kecil. Lain kali saya akan memberikan tips lainnya untuk memaksimalkan memori internal kamu. Demikian tips dari saya mengenai cara mengosongkan memori internal.

1 Response to "Cara Mengosongkan Memori Internal Android Yang Penuh"