Cari Artikel

Cara Transfer File di Android Tanpa Kabel

Cara Transfer File di AndroidTanpa Kabel - Saya yakin Kamu pernah mengalami situasi membingungkan saat ingin transfer file. Kamu memiliki ponsel Android, semua teman Kamu memiliki ponsel Android dan semua yang ingin Kamu lakukan adalah pertukaran file, film, musik, dan bahkan mungkin aplikasi. File kecil dapat dikirim melalui Bluetooth. Hal ini mungkin cukup jika Kamu ingin mengirim file satu per satu. Tapi bagaimana jika Kamu ingin mengirim film atau file dalam jumlah banyak?

Atau kamu ingin berbagi foto liburan dengan teman-temanmu dengan sekali kirim. Tidak ada cara mudah untuk melakukan hal ini selain meng-upload ke Flickr atau sesuatu. Saya akan memberikan tips mengenai cara transfer file di android tanpa kabel. Pada tips ini Ki Android menggunakan sebuah aplikasi yang bernama Xender. Aplikasi ini akan memudahkan tranfer file kamu ke android lainnya.

Setelah semua teman-teman Kamu menginstall Xender di android mereka dan kamu sudah membuat grup, Kamu dapat mentransfer file dengan cepat. Bagaimana? Ikuti panduan di bawah ini.

Cara Set Up Xender
Dalam pengujian saya menggunakan dua ponsel, tapi kamu juga dapat menghubungkan lebih dari dua perangkat sekaligus. Download dan buka aplikasi Xender pada semua perangkat.

Cara Transfer File di Android Tanpa Kabel
©GuidingTech


Dari salah satu perangkat, klik Connect Phone. Perangkat pertama harus membuat grup jadi tekan Buat grup. Ini akan menonaktifkan Wi-Fi dan mobile data dan menciptakan hotspot Wi-Fi. Kamu tidak perlu melakukan apa-apa, semua ini akan berjalan secara otomatis.
Cara Transfer File di Android Tanpa Kabel
©GuidingTech



Sekarang, dari perangkat lain, klik Connect Telepon dan tekan Gabung ke grup. Nama telepon yang membuat grup akan muncul. Tekan di atasnya dan dalam waktu singkat, kedua ponsel terhubung.

Cara Transfer Apps, File, Media antara Devices
Sekarang semua perangkat yang terhubung akan menampilkan layar yang sama. Kamu akan melihat tab untuk Apps, Gambar, Media, File dan rekaman. Kamu dapat menelusuri aplikasi, gambar, media dan file dari tab masing-masing. Record tab menyimpan catatan semua hal yang Kamu kirim dan terima.

Pengiriman file menggunakan Xender tidak hanya satu arah. Setiap perangkat yang terhubung dapat mengirim dan menerima file. Pilih apa yang ingin Kamu kirim. Kamu dapat mencentang aplikasi, pilih file atau gambar, kemudian tekan tombol Send.
Cara Transfer File di Android Tanpa Kabel
©GuidingTech


Sebuah animasi kecil akan muncul dan file akan terlihat ke ikon telepon lain pada bagian bawah layar. Dan dalam beberapa detik file akan muncul di perangkat lain.
Cara Transfer File di Android Tanpa Kabel
©GuidingTech



Xender dapat menghasilkan apk dari aplikasi.  Bila Kamu memilih untuk mengirimkan aplikasi yang diinstal pada ponsel Kamu, Xender akan menghasilkan file APK untuk mereka. Jadi, ketika Kamu mentransfer aplikasi, maka akan ditransfer sebagai file APK. Hanya tekan file yang diterima dan instalasi akan dimulai. Pastikan Kamu telah mengaktifkan pengaturan Unknown sources dari tab Security di menu Pengaturan.

Setelah Kamu selesai mentransfer semua file yang kamu inginkan, tekan ikon X untuk meninggalkan grup. Semuanya akan kembali ke menu awal. Aplikasi ini akan menonaktifkan Thetering dan memungkinkan Wi-Fi lagi.


Sangat mudah bukan cara transfer file di android tanpa kabel. Hanya perlu sebuah aplikasi dan kamud dapat mengirim dan menerima file dari semua android temanmu hanya dengan sebuah klik. Demikian tips singkat dari saya tentang cara transfer file di android tanpa kabel.

0 Response to "Cara Transfer File di Android Tanpa Kabel"

Post a Comment