Cari Artikel

Cara Backup Data di Android

Cara Backup Data di Android - Jika Kamu ingin meroot ponsel Android Kamu atau menginstal custom ROM, dianjurkan backup data ponsel Kamu. Sehingga jika ada sesuatu yang salah, Kamu tidak akan kehilangan semua data yang sangat penting. Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan tutorial tentang cara backup data di android. Kamu dapat membackup semuanya, termasuk aplikasi, kontak, pesan, foto, pengaturan pada ponsel Android kamu. Berikut adalah cara backup data di android :

Cara backup data di android yang belum diroot

Backup aplikasi, kontak, dan pengaturan telepon
Bagi pengguna yang ingin backup telepon tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga, Kamu dapat menggunakan akun Google untuk backup aplikasi, kontak, pengaturan, dll. Untuk melakukannya, masuk ke Settings -> backup dan reset. Pastikan kamu mencentang pilihan “backup my data' dan “automatic restore”, dan pada “backup account”, pilih account Google yang kamu inginkan untuk menyinkronkan data. Lalu masuk ke akun Google Kamu dan periksa semua pilihan 'sync' yang tersedia. Dengan ini maka data Kamu akan dikembalikan setiap kali Kamu mengatur ponsel Kamu dengan akun Gmail yang sama.
© androidtipsz

Jika Kamu memilih untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga, saya sarankan aplikasi My Backup. Ini adalah versi lite dari MyBackup Pro, yang merupakan versi berbayar dari aplikasi ini. My Backup adalah aplikasi yang paling mudah digunakan untuk perangkat non-root. Kamu dapat backup data telepon Kamu ke kartu SD atau ke layanan cloud tanpa biaya tambahan.

Backup foto, musik, dan video
Google tidak memiliki layanan backup bawaan untuk foto, musik dan video. Kamu harus backup secara manual dengan menyalin ke komputer Kamu atau hard drive eksternal. Tidak sulit bukan?

Backup pesan teks
Jika Kamu peduli dengan pesan SMS Kamu, Kamu dapat menggunakan aplikasi gratis yang disebut Backup SMS + untuk mencadangkan pesan teks Kamu di layanan cloud. Aplikasi ini akan secara otomatis membackup SMS, MMS dan entri log panggilan ke Gmail dan menyimpannya di bawah label baru 'SMS'.

Cara Backup Data di Android Yang Diroot
Jika Kamu telah me-root ponsel Kamu, maka Kamu dapat dengan mudah backup aplikasi, pesan teks, pengaturan, dll, dengan menggunakan aplikasi backup. Dalam hal ini, saya sarankan Kamu untuk menggunakan aplikasi Titanium Backup. Aplikasi ini adalah aplikasi backup Android yang paling kuat yang tersedia di Playstore saat ini. Selain back up data ke kartu SD, Titanium Backup juga bisa backup ke layanan cloud seperti Dropbox, Box dan Google Drive. Berikut tutorial singkatnya :
  • Download dan install aplikasi Titanium Backup
  • Setelah terinstal, jalankan aplikasi dan tekan 'Allow' saat muncul jendela Request Superuser (konfirmasi ini hanya muncul satu kali, selanjutnya secara otomatis akan di “Allow”)
  • Di bagian atas layar, pilih tab 'Backup / Restore'

© androidtipsz

  • Klik pada aplikasi yang Kamu inginkan kemudian pilih 'Backup'. Tunggu sampai muncul konfirmasi bahwa cadangan telah selesai dengan sukses. Tergantung pada berapa banyak aplikasi yang telah diinstal, proses ini akan memakan waktu beberapa menit.

© androidtipsz

  • Backup disimpan di direktori 'TitaniumBackup' pada kartu SD Kamu.



Tidak rumit bukan cara backup data di android. Dengan adanya backup maka data kamu akan tetap aman jika ada kerusakan pada android kamu. Mulai sekarang selalu backup data penting kamu sebelum kamu kehilangannya. Demikian tutorial singkat saya mengenai cara backup data di android.

0 Response to "Cara Backup Data di Android"

Post a Comment