Cari Artikel

Cara Root Nexus 9 Dengan 9 Langkah Mudah


Cara Root Nexus 9 - Nexus 9 merupakan tablet buatan google yang terbaru. Dengan spesifikasi yang gahar, tablet ini merupakan tablet android terbaik yang ada di pasaran saat ini. Meskipun belum masuk ke Indonesia, namun tablet ini patut ditunggu kedatangannya. Untuk kamu yang sudah memilikinya, pasti cukup bingung dengan cara root Nexus 9. Tenang saja, karena kali ini saya akan memberikan tutorial singkat cara root Nexus 9 kamu.

Beberapa catatan sebelum Kamu memulai
Sayangnya untuk mendapatkan akses root di Nexus 9 sedikit lebih rumit daripada pada perangkat Nexus sebelumnya, terutama disebabkan oleh fakta bahwa Google sekarang memerlukan kernel yang akan ditambal langsung di Android Lollipop. Metode auto-root belum diperbarui dengan kerangka kerja yang diperlukan untuk menangani hal ini.

Hal lain yang patut dicatat adalah bahwa metode rooting ini hadir dengan versi khusus dari SuperSU (v2.18) yang hanya dimaksudkan untuk Nexus 9. Hal ini disebabkan sifat 64-bit dari chipset Nexus 9. Mencoba untuk menginstal versi SuperSU v.2.18 pada perangkat selain Nexus 9 tidak saya rekomendasikan.

Bagaimana cara root Nexus 9?
Dan sekarang saatnya untuk petunjuk langkah demi langkah. Pastikan untuk membaca semua sebelum kamu melompat ke dalam proses. Pastikan Kamu memahami apa yang Kamu butuhkan dan apa yang Kamu lakukan sebelum rooting Nexus 9 kamu. Dan tahu bahwa apa pun yang Kamu lakukan adalah tanggung jawabmu sendiri.

Jadi apa yang Kamu butuhkan?
Sebuah Nexus 9 (Yang ini wajib ada,hehe)
Sebuah komputer
ADB yang bekerja pada komputer Kamu (Download disini)
Fastboot (Download disini)

Gunakan link untuk menemukan download dan petunjuk instalasi untuk semua itu. Setelah Kamu mendapatkan bahan-bahan yang dibutuhkan, kamu perlu beberapa langkah mudah untuk root Nexus 9. Berikut adalah step by step cara root Nexus 9 :

1. Backup file Kamu
Gunakan metode mana yang Kamu suka, pastikan Kamu mendapatkan semua file yang Kamu butuhkan di tempat yang aman.

2. Download Image File yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proses
Unduh file disini, tempatkan di PC Kamu, kemudian unzip.

3. Aktifkan OEM unlocking pada Nexus 9
Langkah ini cukup mudah juga. Cukup ke menu pengaturan pada Nexus 9 dan temukan "Tentang Tablet." Di sana, tekan "Build Number" 7-10 kali sampai Kamu mendapatkan pesan yang mengkonfirmasikan bahwa Kamu sekarang memiliki akses ke pengaturan pengembang. Tekan kembali untuk masuk ke setting, dan Kamu sekarang melihat "Developer Options." Klik itu, dan pastikan untuk mengaktifkan "Enable OEM Unlock" dan "USB Debugging"

4. Reboot ke bootloader
Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan mematikan perangkat Nexus 9 Kamu, kemudian tahan tombol power dan tombol volume bawah secara bersamaan selama 10 detik. Atau, lakukan perintah "adb restart bootloader" saat perangkat dinyalakan dan terhubung ke PC yang telah ADB-enabled.

5. Masuk ke mode fastboot
Setelah boot ke bootloader, Kamu akan melihat pilihan untuk "HBOOT" dan "fastboot." Pilih "fastboot" dan pilih dengan menggunakan tombol power. Kamu sekarang berada dalam mode fastboot.

6. Unlock bootloader
Sementara dalam mode fastboot, gunakan perintah "fastboot oem unlock" pada komputer Kamu untuk mulai membuka bootloader. Perangkat akan meminta Kamu untuk mengkonfirmasi bahwa Kamu ingin melakukan hal ini pada saat ini. Catatan bahwa ini tidak menghapus semua data Kamu, jadi pastikan Kamu telah didukung semuanya seperti yang kita bahas di atas. Setelah itu selesai Kamu akan kembali ke menu bootloader.

7. Flash file inject.img ke perangkat Kamu
Dari baris perintah Kamu, pastikan untuk menavigasi ke direktori dimana "inject.img" file dari download tersebut ada. Dari sini, cukup mengeluarkan perintah "boot fastboot inject.img" dan perangkat Kamu akan melakukan langkah dan membawa Kamu kembali ke menu bootloader. Langkah ini untuk flash aplikasi SuperSU ke partisi sistem Nexus 9

8. Flash file patched.img ke perangkat Kamu
File ini untuk flash kernel yang diperlukan agar SuperSU dapat bekerja. Seperti langkah sebelumnya, hanya arahkan ke direktori yang berisi "patched.img" file di baris perintah Kamu, kemudian mengeluarkan perintah "fastboot flashdisk booting patched.img".

9. Reboot Nexus 9
Cukup reboot perangkat Kamu (Kamu dapat menahan tombol daya selama 10 detik, pilih opsi reboot dalam bootloader atau mengeluarkan perintah "reboot adb" dari PC Kamu) dan Kamu akan melompat kembali ke versi root dari Android Lollipop.


Chainfire memperingatkan bahwa sebagian besar aplikasi root kemungkinan akan rusak karena mereka belum diperbarui untuk Android Lollipop atau sifat 64-bit dari sistem. Kamu harus menantikan untuk para pengembang aplikasi root favorit Kamu untuk mengetahui kapan mereka akan diperbarui jika mereka belum bekerja. Selamat mencoba cara root Nexus 9.

0 Response to "Cara Root Nexus 9 Dengan 9 Langkah Mudah "

Post a Comment