Cari Artikel

Cara Install Custom ROM Android Dengan Mudah

Cara Install Custom ROMAndroid – Salah satu kelebihan android adalah kita bisa install custom ROM yang banyak tersedia di internet. Dengan custom ROM, kita bisa merasakan OS Android yang sudah di tweak untuk menambah fitur maupun meningkatkan performa android.

Custom ROM menawarkan fitur yang lebih daripada Android bawaan. Hal ini memungkinkan Kamu untuk menyesuaikan perangkat Kamu dengan kebutuhan Kamu. Selain itu kamu juga bisa merasakan antar muka berbagai merk smartphone di android kamu.Contohnya kamu bisa memasang tampilan antarmuka SONY di smartphone SAMSUNG kamu. Asyik kan?

Pertama-tama Kamu perlu untuk root telepon Kamu dan ada beberapa metode untuk melakukannya. Beberapa yang paling populer adalah: SuperOneClick, Universal Androot dan z4root. Periksa kompatibilitas dengan perangkat yang Kamu gunakan sebelum mencoba untuk mendapatkan akses root. Kamu dapat melihat tutorial root android.

Berikut adalah cara install Custom ROM android :

Install ROM Manager

Pertama, Kamu perlu menginstal aplikasi ROM Manager. Aplikasi ini dapat kamu unduh secara gratis di Playstore (meskipun ada versi premium yang menawarkan lebih banyak fitur).

Menginstal Clockwork Recovery

Bila Kamu telah me-root  Android Kamu, biasanya akan terinstall Clockwork Recovery. Apabila belum kamu bisa install lewat aplikasi Mobile Uncle.

Back up ROM Kamu (bagian 1)

Buka ROM Manager, klik pada tombol Backup ROM, beri cadangan nama (beri nama sesuka kamu) dan kemudian klik OK. Kamu mungkin akan diminta untuk memungkinkan ROM Manager akses superuser dan Kamu harus mengijinkannya.

Back up ROM Kamu (bagian 2)

Sekarang, telepon akan secara otomatis reboot ke mode recovery. Proses backup membutuhkan sedikit waktu, jadi bersabarlah. Back Up ROM Kamu akan tersimpan di kartu microSD, jadi penting untuk tidak memformat ini.

Pilih ROM Kamu

Kembali di ROM Manager, klik 'Download ROM'. Ini akan memunculkan daftar ROM yang tersedia untuk perangkat Kamu. Dalam contoh ini kita akan menginstal CyanogenMod 7, salah satu versi kustom yang paling populer dari Android karena stabilitas dan dukungan perangkat yang luas.

Download ROM

Pilih versi CyanogenMod yang kamu suka. Aplikasi Google tidak menjadi aplikasi bawaan, jadi langsung saja klik untuk mendownloadnya.

Instalasi ROM (bagian 1)

Setelah ROM dan Google Apps telah selesai didownload, buka kembali ROM Manager dan Kamu akan melihat layar pra-instalasi ROM. Centang kotak 'Wipe Dalvik' dan 'Wipe Data and Cache' . Klik OK dan telepon sekarang akan reboot ke pemulihan lagi.

Instalasi ROM (bagian 2)

ROM baru sekarang akan diinstal. Ini mungkin memakan sedikit waktu. Setelah selesai, ponsel akan reboot lagi. Boot pertama dari setiap ROM baru dapat membutuhkan waktu beberapa saat, kadang-kadang sampai 15 menit, jadi bersabarlah dan jangan panik jika perangkat tampaknya tidak berjalan.

Mengatur akun Google

Setelah telepon telah boot up, Kamu kemudian akan diminta untuk memasukkan rincian akun Google Kamu. Dengan melakukan hal ini, maka secara otomatis men-download dan mengatur semua kontak Kamu, pengaturan dan aplikasi kembali ke telepon. Kamu sekarang memiliki ROM baru untuk dieksplorasi!


Meskipun kelihatannya sedikit rumit, namun sebenarnya mudah sekali. Custom ROM memang memiliki banyak sekali keunggulan daripada ROM bawaan yang ada di smartphone kamu. Pilihlah Custom ROM yang stabil dan cocok denganmu. Demikian tutorial dari saya mengenai cara install custom ROM android.

0 Response to "Cara Install Custom ROM Android Dengan Mudah"

Post a Comment