Cari Artikel

5 Cara Mencegah Virus di Android

Cara Mencegah Virus di Android - Malware adalah perangkat lunak berbahaya yang dirancang untuk merusak atau mengganggu sistem komputer atau perangkat mobile. Mereka termasuk virus, spyware, trojan dan masih banyak lagi. Setelah memasuki ponsel, virus dapat melakukan berbagai kegiatan yang tidak diinginkan seperti mencuri data penting atau daftar kontak, mengganggu pengoperasian telepon Kamu, dan bahkan mencuri uang Kamu dengan membuat panggilan yang tidak diinginkan atau mengirim pesan SMS. Di antara semua OS untuk smartphone, Android adalah OS yang paling ditargetkan oleh pengembang malware dan hacker. Untungnya, ada beberapa cara mencegah virus di android kamu. Dengan ini kamu dapat mencegah segala infltrasi malware ke perangkat Android Kamu. langsung saja berikut adalah 5 cara mencegah virus di android :


Jangan menginstal aplikasi dari sumber yang tidak diketahui kecuali Kamu yakin itu aman
Banyak aplikasi dari sumber yang tidak diketahui mengandung malware yang setelah diinstal dapat mencuri informasi dan menyebabkan kerusakan pada perangkat Kamu. Jadi jangan pernah men-download dan menginstal aplikasi dari luar Google Playstore dan Amazon App store untuk Android kecuali Kamu yakin bahwa situs tersebut aman untuk di-download.

Periksa ulasan dan peringkat dari aplikasi oleh pengguna lain
Sebelum men-download aplikasi, bacalah review dari pengguna lain. Orang akan memberikan review negatif dan rating rendah jika aplikasi berisi malware.

Memahami hak akses aplikasi sebelum menginstallnya
Cara Mencegah Virus di Android selanjutnya adalah tentang hak akses aplikasi. Perizinan adalah kunci untuk aplikasi mobile. Izin ini sangat penting untuk keamanan secara keseluruhan dari sistem kamu. Jika salah satu izin tampak sedikit aneh, seperti aplikasi wallpaper yang ingin melakukan panggilan telepon atau mengirim pesan SMS, maka yang terbaik adalah tidak menginstal aplikasi tersebut.

Instal aplikasi Antivirus pada perangkat Kamu
Pastikan bahwa Kamu memiliki sebuah aplikasi antivirus yang diinstal pada perangkat Android Kamu. Antivirus dapat mendeteksi situs phishing, memberikan informasi tentang jenis izin aplikasi dan memiliki alat anti maling yang dapat membantu untuk menemukan perangkat yang hilang atau dicuri.

Jangan root android kamu
Rooting perangkat Android memiliki beberapa keuntungan. Namun hal ini dapat mematahkan model keamanan dan memungkinkan semua aplikasi, termasuk aplikasi berbahaya, untuk mengakses data yang dimiliki oleh aplikasi lain. Jadi pikir terlebih dahulu sebelum kamu me-root android.


Sekarang kamu tidak perlu kawatir lagi dengan berbagai serangan virus. Lakukan saja cara mencegah virus di android di atas. Selamat bersenang-senang dengan android!

0 Response to "5 Cara Mencegah Virus di Android"

Post a Comment