Cari Artikel

10 Tips Menghemat Daya Baterai Android

Tips Menghemat Daya Baterai Android - Tidak seperti ponsel stkamur, ponsel Android dipenuhi dengan banyak sekali fungsi dan fitur seperti game, web browsing, media bermain, GPS, panggilan video, dll. Namun, banyak dari fitur yang tersedia pada perangkat Android dapat menyebabkan baterai akan terkuras dengan cepat. Oleh karena itu, pengguna Android harus cerdas dan proaktif mengelola baterai di ponsel mereka. Ada banyak tips menghemat daya baterai android kamu. Di sini saya akan memberikan 10 tips mengehmat daya baterai android  yang dapat membantu Kamu untuk memperpanjang hidup baterai ponsel android Kamu. Berikut adalah caranya :


Mengurangi kecerahan layar
Penyedot daya baterai terbesar pada perangkat android Kamu adalah layar. Semakin  terang layar, semakin banyak daya baterai yang dibutuhkan. Mengurangi kecerahan layar dapat menghemat daya baterai Kamu.

Jangan Menggunakan Live Wallpaper
Meskipun menggunakan live wallpaper dapat membuat ponsel android Kamu terlihat keren dan menarik, tetapi hal itu menguras cukup banyak daya baterai. Dengan mengubah live wallpaper menjadi wallpaper normal dapat sedikit memperpanjang hidup baterai ponsel Kamu.

Menggunakan wallpaper hitam atau tema hitam
Karena warna hitam sangat gelap, layar tidak perlu menghabiskan terlalu banyak energi untuk membuat warna sehingga menggunakan baterai lebih sedikit.

Hapus widget home screen yang tidak perlu
Tips menghemat daya baterai android selanjutnya adalah menghapus widget. Semakin banyak widget ditempatkan pada home screen, semakin banyak RAM yang digunakan untuk menjalankan aplikasi, sehingga konsumsi baterai lebih boros.

Jauhkan Baterai Dari Panas Yang Ekstrim
Pastikan bahwa baterai Kamu tidak terkena panas ekstrim. Baterai akan kehilangan itu kapasitas saat panas.

Nonaktifkan Auto Sync
Banyak Aplikasi seperti Gmail dan aplikasi email lainnya memakan banyak baterai karena fitur auto sync. Ketika push e-mail tidak diperlukan, matikan sinkronisasi otomatis dan sinkronisasi manual bila diperlukan. Untuk menonaktifkan auto sync, pergi ke Settings -> Account dan Sync -> hapus centang 'Auto-sync'.

Matikan WIFI bila tidak digunakan
Jenis lain dari koneksi jaringan ponsel android adalah terhubung ke Wi-Fi. Wi-Fi tersedia di mana ada hotspot. Jika Kamu mengaktifkan koneksi WiFi, ia akan terus mencari hotspot Wi-Fi yang dapat menguras baterai Kamu. Jadi matikan Wi-Fi android kamu, kecuali jika Kamu menggunakannya sekarang.

Nonaktifkan Haptic feedback
Haptic feedback memberikan keyboard touchscreen sensasi berupa getaran kecil saat ditekan. Fitur ini dapat membuat mengetik terasa lebih alami, namun hal itu dapat menguras baterai Kamu. Untuk menonaktifkan haptic feedback, masuk ke Settings -> Suara. Geser ke bawah untuk sistem dan hapus centang Haptic Feedback.

Matikan layanan lokasi
Tips menghemat daya baterai android selanjutnya adalah mematikan layanan lokasi dengan GPS. Layanan lokasi seperti GPS dan Google Maps sangat berguna ketika kamu butuh untuk menemukan arah atau lokasi, tetapi mereka juga mengkonsumsi banyak baterai. Jadi kecuali jika Kamu menggunakannya sekarang, matikan saja fitur ini. Cara mematikan layanan lokasi, Tekan Settings -> Layanan lokasi. Hapus tanda centang semua kotak yang tersedia.

Menonaktifkan Update Otomatis Semua Widget
Widget home screen seperti update cuaca dan berita mendapatkan informasi mereka dengan melakukan ping sebuah website yang sesuai secara otomatis. Beberapa widget memungkinkan Kamu untuk menonaktifkan update otomatis, sementara yang lain harus dihapus seluruhnya. Untuk menonaktifkan update otomatis widget ini, Buka widget dan tekan Menu -> Settings. Sentuh auto refresh dan pilih None.

Lakukan 10 tips menghemat daya baterai android di atas, maka kamu akan merasakan perbedaannya. Demikian artikel singkat saya tentang tips menghemat daya baterai android.


0 Response to "10 Tips Menghemat Daya Baterai Android"

Post a Comment