Cari Artikel

Cara Mengembalikan Data Yang Hilang Di Android

Ki Android - Pernahkah kamu kehilang sebuah file yang begitu penting di Android kamu? Entah karena terhapus atau hilang karena format. Pasti jengkelnya minta ampun. Apalagi file tersebut tidak ada backup atau cadangannya. Hal ini sering terjadi pada kita. File tersebut, baik foto maupun data lainnya sebenarnya tidak hilang dari smartphone atau tablet android kamu. Pertanyaannya adalah apakah bisa file tersebut dikembalikan ulang? Pastinya bisa kawan. Dengan bantuan sebuah aplikasi kamu bisa merestore atau mengembalikan ulang file-file kamu yang hilang.

Dalam tutorial kali ini saya menggunakan sebuah aplikasi yang bernama DiskDigger. Aplikasi buatan Defiant Technologies ini sudah sangat populer di Android. Dalam penggunaan aplikasi ini membutuhkan root permission. Artinya smartphone atau tablet Android kamu harus sudah root. Kalau android kamu belum ter-root kamu bisa baca tutorial cara root android dengan mudah. Tidak usah panjang lebar, inilah cara mengembalikan data yang hilang di Android :

1.       Download aplikasi Diskdigger melalui Playstore
2.       Install aplikasi tersebut
3.       Buka aplikasi Diskdigger yang sudah kamu pasang
4.       Pilih Penyimpanan dimana kamu ingin mencari file yang hilang.


5.       Pilih Scan Device
6.       Tunggu hingga proses scan selesai
7.       Pilih file yang ingin kamu restore dengan cara merubah slider ke posisi ‘ON’

8.       Pilih Save

9.       Selamat ! File kamu yang hilang telah kembali J


Tidak susah kan? Dengan cara ini kamu tidak akan jengkel lagi apabila suatu saat kamu kehilangan sebuah file baik secara sengaja maupun tidak. Selamat mencoba!

3 Responses to "Cara Mengembalikan Data Yang Hilang Di Android"

  1. ini kayak data recovery gitu kan ya basically?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hampir mirip, namun kalau data recovery kita ada backup dari sistem. sedangkan ini kita mencari file yang telah hilang tanpa ada backup.

      Delete
    2. oooh iya iya beda ya. wah jadi tenang kalo tiba-tiba kehilangan data masih bisa di ambil lagi ya

      Delete